Menang Hadapi Tantangan Dunia Kerja

Sabtu kemarin (15/09/12) merupakan hari yang mendebarkan bagi empat tim yang berhasil masuk ke acara final Skills for Employability Challenge 2012 – Young Game Changer Indonesia yang diadakan di Hotel Oriental Mandarin Jakarta.

Skills for Employability Challenge merupakan kompetisi British Council bersifat pelatihan berbasis kerja, dirancang bagi mahasiswa berusia 18-22 tahun. Program kompetisi baru dan dinamis dari British Council ini bertujuan untuk membantu mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dan persaingan di dunia kerja.

Program ini berfokus pada pengembangan hubungan positif antara perusahaan dan lembaga pendidikan; untuk memperlengkapi keahlian dan pengetahuan yang harus dicapai seluruh tenaga kerja dan memastikan efektivitas kinerja mereka dalam dunia kerja.

Pada pelaksanaannya, British Council bekerjasama dengan empat perusahaan inkubator: The Body Shop, Bank Danamon, Microsoft, dan Nestle.

Di final kompetisi ini, masing masing tim mewakili satu perusahaan ikubator dan sebelumnya telah diberikan sebuah proyek khusus untuk menjawab sebuah tantangan yang tengah dihadapi perusahaan.

Mereka kemudian harus mempresentasikan ide-ide mereka dihadapan dewan juri yang terdiri dari tim British Council dan perwakilan perusahaan-perusahaan inkubator itu sendiri.

Tim Microsoft merupakan tim pertama yang maju untuk mempresentasikan temuan dan ide mereka. Dalam presentasinya, tim Microsoft memberikan perhatian khusus mengenai pembajakan software di Indonesia.

Tim Microsoft

Setelah tim Microsoft, team the Body Shop tampil ke depan untuk mepresentasikan ide mereka seputar peluncuran produk the Lip Butter.  Berbeda dengan tim Microsoft, tim the Body Shop turut melibatkan supporter sebagai bagian dari presentasi.

Tim the Body Shop

Di acara final ini, suasananya cukup meriah karena siap tim membawa supporter masing-masing dan para supporter ini dengan antusias memberikan dukungan mereka kepada tim yang didukungnya.

Presentasi berikutnya diisi oleh tim Nestle.

Tim Nestle

Boleh jadi, tim Nestle adalah tim yang membawa supporter terbanyak. Ini terlihat dari riuh rendahnya para supporter ketika nama Nestle disebut-sebut. Dalam presentasinya, tim Nestle menyampaikan ide mereka untuk menjaring anak-anak muda untuk bergabung dengan Nestle melalui tema Life at Nestle.

Dengan cirinya masing-masing, setiap tim memberikan presentasi yang unik, dan ini juga terlihat pada tim terakhir yang maju, tim Danamon.

Tim Danamon

Tim Danamon maju dengan topik yang diakui sendiri oleh para juri sebagai topic yang sulit, yaitu merubah persepsi terhadap Human Resources department lebih sebagai business partner dan bukan sebagai business support.

Dalam presentasinya, Tim Danamon berperan sebagai perusahaan konsultan untuk Bank Danamon dan ini berbeda dengan tim-tim lainnya.

Setiap tim mendapat kesempatan untuk tampil dengan waktu yang terbatas, sekitar 20 menit per peserta. Tak hanya itu, mereka juga harus menggunakan bahasa Inggris baik untuk presentasi ataupun menjawab pertanyaan dewan juri.

Bagi para finalis, ini merupakan tantangan tersendiri. Namun untungnya mereka mampu mengatasinya dengan baik.

Karena ketatnya persaingan, dewan juri membutuhkan waktu lama untuk menentukan siapa yang layak dinobatkan sebagai pemenang dalam kompetisi ini.

Melalui penantian yang mendebarkan, akhirnya Keith Davis, Country Director mengumumkan pemenang dari Skills for Employability Challenge 2012 – Young Game Changer Indonesia.

Mereka adalah:

  •  Tim Danamon (juara 4);
  •  Tim Microsoft (juara 3);
  •  Tim The Body Shop (juara 2); dan
  •  Tim Nestle sebagai juara pertama.

Terpilihnya tim Nestle sebagai pemenang kompetisi tak lepas dari kemampuan mereka untuk menghadirkan ide yang segar dan menyampaikannya dalam presentasi yang attraktif serta mampu memberikan solusi yang aplikatif untuk perusahaan.

Time Nestle terdiri dari Ditya Raras Vidyani (Universitas Bina Nusantara); Lana Kristanto (Universitas Wesleyan, US); Riza Herzego Nida Fathan (Universitas Indonesia); dan Surachman Darmawan (Universitas Bina Nusantara).

The Winners

Selamat untuk Tim Nestle! Semoga kemenangan kalian kali ini merupakan awal untukperubahan yang lebih baik lagi.

Untuk tim-tim lainnya, terima kasih telah menjadi bagian dari kompetisi ini. Partisipasi kalian akan selalu diingat dan tidak ada yang kalah. Karena kalian semua adalah pemenang!